Peneliti Dari Jerman Berhasil Ciptakan Mesin Uap Terkecil Di Dunia

Minggu, 29 April 2012

Share This Article On :
 

Ilmuan Jerman dari Max Planck Institute berhasil menciptakan sebuah mesin uap terkecil dunia dengan menggunakan laser dan bola koloid kecil. Para peneliti tersebut mencontoh model mesin uap yang dibikin oleh Robert Stirling hampir 200 tahun lalu.

Namun bedanya, sistem mesin bikinan para peneliti tersebut memiliki ukuran yang jauh lebih mini dibandingkan mesin milik Stirling. Jika Stirling menggunakan metode tradisional untuk menggerakkan piston dengan gas, maka para peneliti tersebut memanfaatkan laser termodulasi. Dengan berbagai intesitas yang berbeda, laser yang mengenai bola koloid yang mengambang di atas permukaan air akan menggerakkan bola tersebut, seperti gerakan gas pada mesin milik Stirling.

Untuk menggerakkan piston di dalam mesin ke arah yang berlawanan, para peneliti tersebut menggunakan laser lain yang ditempatkan di luar. Laser kedua tersebut berguna untuk meningkatkan suhu air tempat bola koloid berada. Dengan menggunakan kedua laser secara bergantian dengan cepat, maka mesin tersebut akan menghasilkan gerakan yang selanjutnya mengeluarkan energi panas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.