Peneliti dari Kanada & Meksiko Kembangkan Rangkaian Elektronik Terkecil Dunia

Minggu, 29 April 2012

Share This Article On :
 

Ukuran yang kecil dari sebuah perangkat elektronik kerap kali berbenturan dengan tingkat performanya. Tak jarang perangkat elektronik yang memiliki ukuran mini memiliki kemampuan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan perangkat serupa yang mempunyai ukuran lebih besar.

Hal inilah yang ingin dipecahkan oleh para peneliti dari Universitas McGill Kanada yang bekerja sama dengan Laboratorium Nasional Sandia dari Meksiko. Kedua lembaga penelitian tersebut kini tengah mengembangkan sebuah rangkaian elektronik terkecil dunia yang memiliki ukuran dengan orde nano.

Hasilnya, mereka berhasil menciptakan sebuah rangkaian elektronik yang terdiri dari dua buah kabel yang hanya terpisahkan sejauh 15 nanometer atau setara dengan ketebalan 150 atom. Para peneliti menggunakan prinsip hukum coloumb untuk dapat membuat rangkaian tersebut. Mereka memanfaatkan efek tarikan yang timbul berkat adanya dua buah kabel beraliran listrik.

Dengan adanya rangkaian ini, maka sebuah perangkat elektronik yang memiliki performa kecepatan tinggi bukanlah mimpi lagi. Dengan jarak tempuh yang sedikit, tentunya makin mempercepat performa sebuah rangkaian. Selain itu, rangkaian ini juga dapat menahan panas tanpa menggunakan sebuah heatsink, meskipun jumlahnya terbatas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.