Zend Framework Kini Sudah Mendukung Windows Azure

Minggu, 29 April 2012

Share This Article On :
 

Mempertahankan nama sebesar Microsoft bukanlah perkara mudah. Ada waktunya dimana perusahaan tersebut harus bisa merangkul pihak lain untuk bekerjasama. Microsoft kini tengah berusaha merangkul para developer PHP dan mengajak mereka untuk mengembangkan aplikasi dengan platform Cloud. Perusahaan raksasa kini bekerjasama dengan Zend Technologies untuk meluncurkan Zend Framework versi 1.10 yang terintegrasi dengan Windows Azure. Vijay Rajagopalan, Microsoft principal architect, mengatakan dukungan Zend Framework for Windows Azure Cloud, merupakan keberhasilan kolaborasi dari kedua perusahaan.

Pertengahan tahun 2009 lalu, Microsoft telah meluncurkan Community Technology Preview yang mengembangkan Windows Azure SDK for PHP CTP, yang mana Rajagopalan menjanjikan bahwa nantinya Windows Azure akan berintegrasi dengan Zend Technologies. “Developer PHP menemukan bahwa platform Windows Azure menarik,” jelas Jean Paoli, general manager di Microsoft. “Keputusan Microsoft untuk berkontribusi pada komponen PHP berbasis Windows Azure ke Zend Framework membantu menunjukkan komitmen Microsoft untuk keterbukaan dan interoperabilitas dengan menyediakan pilihan dan kesempatan yang lebih besar bagi pelanggan dan mitra Microsoft.”

Pentingnya dukungan Zend Framework support pada Windows Azure adalah komponen Zend_Service_WindowsAzure baru di versi 1,10 yang merupakan kontribusi dari perusahaan Redmond pada proyek open source PHP. Rajagopalan menjelaskan bahwa developer sekarang akan dapat menggunakan API Windows Azure dari aplikasi PHP mereka, sementara itu mereka dapat mengambil keuntungan dari layanan platform Cloud, seperti Blob Storage, Table Storage dan Queue Service.

“Kesederhanaan serta fleksibilitas yang dimiliki PHP membuatnya sangat ideal untuk mengembangkan aplikasi cloud menggunakannya. Dukungan Native Windows Azure pada Zend Framework 1.10 mengantarkan ketangguhan Windows Azure pada komunitas pengguna Zend Framework,” tambah Zeev Suraski, salah satu pendiri Zend. “Bersama dengan fitur baru ini, kami memperpendek kurva belajar untuk pemula, dengan ditingkatkan dokumentasi, tutorial baru dan perbaikan struktur dokumentasi.”

Ingin download Zend Framework 1.10, silahkan klik di sini.
Ingin download PHP SDK for Windows Azure, silahkan klik di sini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2010-2011 Media Pengetahuan All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.